ANALISA SKENARIO KEBIJAKAN PENINGKATAN CUSTOMER MELALUI PEMANFAATAN LAYANAN PESAN ANTAR MAKANAN SELAMA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN SISTEM DINAMIS PADA UMKM. XYZ

Authors

  • Almas Afifah
  • Dwi Sukma Donoriyanto
  • Nur Rahmawati

DOI:

https://doi.org/10.33005/tekmapro.v17i2.260

Abstract

Pandemi Covid-19 membuat pemerintah membuat kebijakan adanya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) untuk seluruh Indonesia dan tagar dirumah saja menjadi motivasi untuk menekan jumlah positif Covid-19 di Indonesia.UMKM XYZ merupakan salah satu UMKM di Magelang yang merasakan dampak karena adanya Covid-19, dimana penjualan pada dine in, takeaway, maupun pada layanan pesan antar menurun drastis. Pandemi Covid-19 menyebabkan adanya pergeseran dan perubahan cara pembelian konsumen. Sehingga banyak konsumen yang menggunakan jasa layanan pesan antar untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Namun, tidak sedikit masyarakat yang tidak tertarik menggunakan jasa layanan pesan antar dikarenakan adanya beberapa faktor. Maka dari itu, UMKM XYZ harus meningkatkan penjualan dengan pemanfaatan layanan pesan antar   makanan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan model simulasi dan menentukan skenario kebijakan terbaik untuk meningkatkan layanan pesan antar makanan selama pandemi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simulasi sistem dinamis yang dapat membuat model simulasi sesuai kondisi nyata dan formulasi model matematis, sehingga didapatkan desain skenario kebijakan yang akan dipilih untuk mencapai tujuan. Hasil penelitian yang telah dilakukan berupa skenario yang dapat meningkatkan jumlah customer pada layanan pesan antar di UMKM XYZ  melalui peningkatan potential market pada UMKM XYZ antara lain memberikan potongan biaya ongkos kirim sebesar 10% dan memberikan potongan harga sebesar 20% dengan minimum pembelian Rp150000. Simulasi yang dilakukan menghasilkan jumlah customer yang membeli produk UMKM XYZ dari bulan pertama hingga bulan ke-12 mengalami peningkatan.

Kata Kunci: Layanan Pesan Antar, UMKM, Simulasi, Sistem Dinamis.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-25

How to Cite

Almas Afifah, Dwi Sukma Donoriyanto and Nur Rahmawati (2023) “ANALISA SKENARIO KEBIJAKAN PENINGKATAN CUSTOMER MELALUI PEMANFAATAN LAYANAN PESAN ANTAR MAKANAN SELAMA PANDEMI COVID-19 MENGGUNAKAN SISTEM DINAMIS PADA UMKM. XYZ”, Tekmapro, 17(2). doi: 10.33005/tekmapro.v17i2.260.

Issue

Section

Articles