ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE PARTIAL LEAST SQUARE (PLS) DI PT. BENUA INDAH TUBAN (Studi Kasus Pegawai Produksi PT. Benua Indah Tu-ban)

Authors

  • A Zulfia Da’iyatu Rohmah
  • Sunardi
  • Tranggono

Abstract

Sumber daya manusia (SDM) ialah satu diantara beberapa faktor produksi yang mempunyai peran penting dalam suatu perusahaan karena mempunyai karakteristik yang begitu spesifik jika dibandingkan faktor lain. PT. Benua Indah Tuban adalah perusahaan yang menghasilkan produksi clay sebagai bahan dasar pupuk. Karyawan dalam perusahaan berikut kerap melakukan interaksi bersama lingkungan kerja yang sama dengan kondisi yang berubah-ubah. Kinerja karyawan PT. Benua Indah Tuban selama bulan Januari-Oktober 2020 mengalami penurunan. Dengan demikian diperlukan penelitian tentang pengaruh faktor – faktor lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Benua Indah sehingga dapat meningkatkan kinerja karyawan bagian produksi. Penelitian ini menggunakan lingkungan sosial, lingkungan fisik, dan lingkungan organisasional sebagai faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan, untuk analisa data maka digunakan uji model dengan memanfaatkan aplikasi Smart PLS. Metode penelitian ini menggunakan 50 sampel dengan memakai sampel bersamaan dengan populasi atau yang biasa disebut sampel jenuh. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa variabel lingkungan fisik memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja sebesar 64,2% dan lingkungan organisasional berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja sebesar 28,6%. Sedangkan variabel lingkungan sosial tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap kinerja sebesar -3,9%. Model prediksi dari hasil penelitian ini mampu menjelaskan variabel kepuasan pelanggan sebesar 63,2% (R2= 0,632).

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-25

How to Cite

A Zulfia Da’iyatu Rohmah, Sunardi and Tranggono (2023) “ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE PARTIAL LEAST SQUARE (PLS) DI PT. BENUA INDAH TUBAN (Studi Kasus Pegawai Produksi PT. Benua Indah Tu-ban)”, Tekmapro, 17(2). Available at: https://tekmapro.upnjatim.ac.id/index.php/tekmapro/article/view/313 (Accessed: 24April2024).

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)