Analisis Kualitas Defect Produk Pupuk Dolomit dengan Metode New Seven Tools dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) di PT. XYZ

Authors

  • Albertus Adriyanto Satrio Prakosa UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Rr. Rochmoeljati Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Isna Nugraha Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.33005/tekmapro.v19i2.414

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri pupuk dan bahan tambang dolomit. Standar mutu komposisi hara yang terdapat pada pupuk yang dimiliki oleh PT. XYZ antara lain kadar magnesium oksida (MgO) sebesar 18-22%, kadar kalsium oksida (CaO) sebesar 29-30%, kadar air (H2O) <1%, kehalusan (mesh 100) lolos 95%. Permasalahan yang masih sering terjadi di PT. XYZ adalah pupuk yang dihasilkan tidak sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kecacatan serta usulan perbaikan yang dapat dilakukan untuk mengurangi defect. New Seven Tools merupakan alat-alat bantu yang digunakan dalam eksplorasi kualitatif meliputi   beberapa   tahapan   yaitu Affinity Diagram, Interrelationship Diagram, Tree Diagram, Matrix Diagram, Matrix Data Analysis, Activity Network Diagram, dan Process Decision Program Chart (PDPC). Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) adalah suatu prosedur terstruktur untuk mengidentifikasi dan mencegah sebanyak mungkin mode kegagalan (failure mode) dengan menghitung Risk Priority Number (Severity x Occurrance x Detection). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui faktor-faktor yang menjadi penyebab kecacatan antara lain faktor manusia, material, metode, mesin, dan lingkungan, serta diketahui kecacatan kehalusan dengan nilai Risk Priority Number (RPN) tertinggi yakni 567 yang berarti menjadi prioritas untuk dilakukan usulan perbaikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Prakosa, A. A. S., Rochmoeljati, R. . and Nugraha, I. (2024) “Analisis Kualitas Defect Produk Pupuk Dolomit dengan Metode New Seven Tools dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) di PT. XYZ”, Tekmapro, 19(2). doi: 10.33005/tekmapro.v19i2.414.

Issue

Section

Articles