STRATEGI MARKETING COMMUNICATION DALAM USAHA MENINGKATKAN NILAI PERSAINGAN USAHA DI BIDANG PROPERTY-APARTMENT DAN CO-LIVING/KOSAN

Authors

  • Adinda Delianti Santoso Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
  • Yolanda Masnita Siagian Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti
  • Kurniawati Kurniawati Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trisakti

Keywords:

strategi, komunikasi pemasaran terpadu, persaingan usaha.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan menganalisa strategi komunikasi pemasaran yang dibangun oleh Rukita Bhineka Indonesia dalam meningkatkan persaingan bisnis di bidang properti, apartemen dan co-living. Metode penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif, dengan menggunakan data primer yang bersumber dari 200 responden. Data dianalisis dengan menggunakan persamaan Regresi linear berganda, Koefisien determinasi (R2), Uji t dan Uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran secara terpadu (integrated marketing communication) yang diselenggarakan Rukita Indonesia memberikan hasil yang memuaskan dengan mampu mengungguli para pesaingnya di bidang Co-living. Hal ini tercermin dari hasil perhitungan statistik atau olah data penulis, dengan hasil Uji koefisien determinasi (R2) diperoleh Ajusted R Square sebesar 56,2% variabel produk (fisik kosan), place (tempat), price (harga), promotion (promosi) dan pengelola kosan, yang keseluruhan variabel tersebut memberikan pengaruh terhadap keputusan untuk memilih tinggal di apartemen dan/atau kosan yang ditawarkan atau disediakan oleh pengelolanya (Rukita Indonesia) dan sisanya sebesar 43,8% dipengaruhi variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini seperti kebersihan dan kenyamanan di lingkungan kosan. Hasil Uji t menunjukkan bahwa secara parsial variabel produk, tempat, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pengunjung (calon penghuni) untuk lebih memilih tinggal di apartemen dan kosan milik Rukita Indonesia. Hasil uji F menunjukkan bahwa secara simultan variabel produk, tempat, harga dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan untuk memilih tinggal di apartemen dan kosan yang disediakan Rukita Indonesia mengingat banyaknya kelebihan dari variabel-variabel tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-07-30

How to Cite

Delianti Santoso, A., Siagian, Y. M. and Kurniawati, K. (2024) “STRATEGI MARKETING COMMUNICATION DALAM USAHA MENINGKATKAN NILAI PERSAINGAN USAHA DI BIDANG PROPERTY-APARTMENT DAN CO-LIVING/KOSAN ”, Tekmapro, 19(2). Available at: https://tekmapro.upnjatim.ac.id/index.php/tekmapro/article/view/404 (Accessed: 16September2024).

Issue

Section

Articles