PEMILIHAN SUPPLIER KAIN TENUN DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PT. KAIN RATU UTAMA TROSO, JEPARA

Authors

  • Muhammad Khafid Ridwan Khafid Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Noor Nailie Azzat Nailie Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.33005/tekmapro.v19i2.402

Keywords:

AHP, Alternatif, Supplier, Tenun

Abstract

Perusahaan terkadang memiliki banyak supplier dalam memenuhi kebutuhan produksi, tetapi cenderung menimbulkan masalah dalam pemilihan supplier yang dapat memiliki hubungan kerja sama dengan perusahaan secara berkelanjutan. PT Kain Ratu Utama bekerja sama dengan supplier tenun sebagai pemasok bahan baku kain dalam memproduksi pakaian. Terkadang keterlambatan dan kualitas menjadi masalah karena kurangnya konsistensi oleh supplier, tetapi PT Kain Ratu Utama tetap ingin mempertahankan kerja sama dengan supplier yang optimal.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menentukan supplier tenun yang terbaik sesuai dengan metode AHP yang diterapkan dan merekomendasikan supplier tenun yang dapat diandalkan. Metode AHP merupakan kerangka untuk mengambil keputusan yang efektif dengan mempercepat dan menyederhanakan proses pengambilan keputusan dalam memecahkan sesuatu ke dalam bagian-bagiannya.

Berdasarkan pengolahan data dari kriteria, sub-kriteria, dan alternatif yang telah dilakukan, didapatkan bahwa Ayik merupakan alternatif supplier yang memiliki nilai tertinggi yaitu 0,1104 dengan presentase 11%, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ayik merupakan rekomendasi alternatif supplier yang terbaik dan dapat direkomendasikan untuk PT Kain Ratu Utama

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-14

How to Cite

Khafid, M. K. R. and Nailie, N. N. A. (2024) “PEMILIHAN SUPPLIER KAIN TENUN DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) PADA PT. KAIN RATU UTAMA TROSO, JEPARA”, Tekmapro, 19(2). doi: 10.33005/tekmapro.v19i2.402.

Issue

Section

Articles