IMPLEMENTASI CLOUD COMPUTING MENGGUNAKAN PLATFORM AWS PADA WEBSITE RUMAH KUE HAVIVYA MEDAN

Authors

  • M Lintang Ashshofa Walmarwah Program Studi Teknik Komputer Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Akhyar Lubis Program Studi Teknik Komputer Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan
  • Sri Wahyuni Program Studi Teknik Komputer Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

Keywords:

Amazon Web Services, Komputasi Awan, Jaringan Virtual, Website.

Abstract

Perkembangan teknologi berupa server berbasis cloud menjadi salah satu solusi dalam berbagai bidang kehidupan manusia seperti pendidikan, kesehatan, pemerintahan, sampai dengan bisnis. Penggunaan website penjualan pada sebuah usaha/bisnis baik besar maupun kecil memberikan keuntungan lebih kepada pihak bisnis dan pengguna pula. Pada penelitian ini, akan dilakukan perancangan serta pengembangan website penjualan pada Toko Rumah Kue Havivya dengan mengintegrasikan website tersebut pada server berbasis cloud yang menggunakan layanan dari platform Amazon Web Services (AWS). Layanan yang digunakan adalah Amazon Elastic Compute Cloud (EC2), Amazon Virtual Private Cloud (VPC), dan Amazon Relational Database Service (RDS). Perancangan website pada Toko Rumah Kue Havivya menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan framework CodeIgniter 3.0 dengan database MySQL. Pengujian sistem pada penelitian ini akan menggunakan Black Box Testing dimana hanya akan menguji secara fungsionalitas sistem yang dibangun. Hasil daripada penelitian ini memberikan hasil yaitu server yang dibangun pada layanan Amazon dapat berjalan dengan baik serta website yang dibangun juga dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan dimana berdasarkan hasil pengujian pada Black Box Testing.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2024-01-31

How to Cite

Ashshofa Walmarwah, M. L., Lubis, A. and Wahyuni, S. (2024) “IMPLEMENTASI CLOUD COMPUTING MENGGUNAKAN PLATFORM AWS PADA WEBSITE RUMAH KUE HAVIVYA MEDAN”, Tekmapro, 19(1), pp. 134–147. Available at: https://tekmapro.upnjatim.ac.id/index.php/tekmapro/article/view/397 (Accessed: 21May2024).

Issue

Section

Articles