STRATEGI KOMUNIKASI INTERNAL DALAM MENINGKATKAN PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PEKERJA PT PELINDO TERMINAL PETIKEMAS
DOI:
https://doi.org/10.33005/tekmapro.v19i2.394Keywords:
Strategi Humas, Komunikasi Internal, K3Abstract
Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) merupakan standar operasional yang harus dijalankan oleh setiap perusahaan. Salah satunya pada PT Pelindo Terminal Petikemas yang bergerak di jasa bongar muat petikemas. Dalam pengoperasiannya, dibutuhkan kesadaran dan budaya K3 pada setiap diri karyawan. Maka dari itu, untuk memberikan komunikasi dan internalisasi K3 yang baik pada karyawan, Humas PT Pelindo Terminal Petikemas turut berperan dalam melakukan strategi komunikasi internal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan instrumen wawancara dan dokumentasi. Dalam hal ini, PT Pelindo Terminal Petikemas sudah melakukan strategi komunikasi internal sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Namun, strategi dan pendekatan komunikasi internal yang dilakukan tergolong normatif dan belum bisa terimplementasi hingga menjadi budaya K3. Humas masih fokus melakukan publikasi dan pembangunan citra ke eksternal terkait program kerja K3 yang dilakukan. Saran untuk Humas PT Pelindo Terminal Petikemas ke depannya adalah dapat berfokus melakukan komunikasi terhadap karyawan internal perusahaan dan mejadikan leader yang ada di setiap terminal menjadi ‘Humas’di terminalnya. Dengan ini, Humas tidak harus langsung turun ke setiap terminal untuk melakukan penyampaian komunikasi K3.
Downloads
References
Antara. (2023, January 12). Menaker: Jumlah kecelakaan kerja meningkat beberapa tahun terakhir. https://jambi.antaranews.com/berita/535881/menaker-jumlah-kecelakaan-kerja-meningkat-beberapa-tahun-terakhir
Asir, M., Ismail, A., Nurul Syobah, S., Bungkes, P., Makassar, I., Darwan Ali, U., Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, U., & Takengon, I. (2022). Analysis Of The Role Of Inter-nal Communication And Leadership Behavior On Work Effectiveness Analisis Peran Komunikasi Internal Dan Perilaku Kepemimpinan Terhadap Efektivitas Kerja. Man-agement Studies and Entrepreneurship Journal, 3(5), 2771–2779. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
biworldwide. (2024). What is Gamification? Https://Www.Biworldwide.Com/Gamification/What-Is-Gamifica-tion/#:~:Text=Gamification%20is%20adding%20game%20mechanics,Inspire%20collaborate%2C%20share%20and%20interact.
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas Dan Reliabilitas Penelitian. Penerbit Mitra Wacana Media.
Cahyani, A. M. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PEMERINTAH KOTA SURABAYA MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi di Kantor Bagian Humas Pemerintah Kota Surabaya). Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1), 10–19. http://jurnalfdk.uinsby.ac.id/index.php/JIK
Farahdiba, D. (2020). Konsep dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Kon-sumen Menuju Era Disrupsi. JURNAL ILMIAH KOMUNIKASI MAKNA, 8(1). https://doi.org/10.30659/jikm.8.1.22-38
Fiantika, F. R., Wasil, M. , Jumiyati, S. , Honesti, L. , Wahyuni, S. , Mouw, E. , & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Get Press.
Ganiem, L. M., & Kurnia, E. (2019). Komunikasi Korporat Konteks Teoritis dan Praktis (D. Feirus, Ed.; 1st ed.). Prenada Media.
Gusmarani, K., & Rajiyem. (2022). Strategi Komunikasi Internal Dalam Perubahan Organisasi Di Masa Mendatang. Jurnal Manajemen Komunikasi, 6(2), 137–162.
Hardani, Auliya Nur Hikmatul, Andriani Helmina, Fardani Roushandy Asri, Ustiawaty Ju-mari, Utami Evi Fatmi, Sukmana Dhika Juliana, & Rahmatul Istiqomah Ria. (2020). Bu-ku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Abadi Husnu, Ed.). CV. Pustaka Ilmu. https://www.researchgate.net/publication/340021548
Hedaputri, D. S., Indradi, R., & Putri Illahika, A. (2021). Kajian Literatur: Hubungan Tingkat Pengetahuan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dengan Kejadian Kecelakaan Ker-ja. CoMPHI Journal: Community Medicine and Public Health of Indonesia Journal, 1(3), 185–193.
Indonesia, P. (2012). PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA.
Isniyunisyafna, & S, I. D. S. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI INTERNAL DALAM MENUMBUHKAN LOYALITAS KARYAWAN PT PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE (STUDI DESKRIPTIF PADA PRU ETERNITY KOTA CILEGON). DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pengembangan Daerah, 7(1).
Johnson, J., & Gleanny, L. (2020). Strategic Communication: Public Relations at Work . Routledge.
Kriyantono, R. (2021). Best Practice Humas (Public Relations) Bisnis Dan Pemerintah: Ma-najemen Humas, Teknik Produksi Media Publisitas dan Public Relations Writing. Prenamedia grup.
Kurniasih. (2021). PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL DAN KOMUNIKASI EKSTERNAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI. Journal of Management Review, 5(1), 633. https://doi.org/10.25157/mr.v5i1.5176
Maulana, R., & Pramusinto, H. (2020). Strategi Humas Dalam Menjalin Good Relationship dengan DU/DI Sejarah Artikel. Economic Education Analysis Journal, 9(1). https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i1.37167
Muslimah, T. (2023). Strategi Komunikasi Lintas Budaya Konsultan Public Relations Perus-ahaan Minyak Dan Gas Bumi Dalam Menghadapi Perbedaan Budaya Pada Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility. Jurnal Politikom Indonesiana, 8(1), 68–83. https://journal.unsika.ac.id/index.php/politikomindonesianahttps://journal.unsika.ac.id/index.php/politikomindonesiana
PT Pelindo TPK. (2023). Operator Terminal Berkelas Dunia. Https://Www.Pelindotpk.Co.Id/Id.
Ramadhan, A., Alhafidh, M. A., & Firmansyah, M. D. (2022). Penyebaran Link Phising Kuota Kemendikbud Terhadap Kesadaran Informasi Pribadi Di Kalangan Mahasiswa UNINUS. KAMPRET Journal, 1(2), 11–16.
Sa’adah, M., Tri Rahmayati, G., & Catur Prasetiyo, Y. (2022). STRATEGI DALAM MENJAGA KEABSAHAN DATA PADA PENELITIAN KUALITATIF. Jurnal Al ‘Adad: Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 54–64.
Saleh, S. (2017). ANALISIS DATA KUALITATIF (Upu Hamzah, Ed.). Penerbit Pustaka Rama-dha .
Sitorus, R. M. T. (2020). Pengaruh Komunikasi Antarpribadi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja (I. Silviani, Ed.). Scopindo Media Pustaka.
Slowikowski, S., Tootell, H., Burns, P., & Ellmers, G. (2021). The Value of the PESO Frame-work in Strategic Communications for Community Non-Profit Organisations. Asia Pa-cific Public Relations Journal, 23, 1–16. https://www.researchgate.net/publication/357924697
Smith, R. D. (2020). Strategic Planning for Public Relations: 6th Edition (6th ed.). Taylor and Francis. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781003024071
Suartana, P., Mandagi, R. J. M., & Wilar, D. (2021). Pengaruh Pengetahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Perilaku Pekerja dan Kecelakaan Kerja Pada Proyek di DS LNG Kabupaten Banggai Propinsi Sulawesi Tengah. REKONSTRUKSI TADULAKO, 2(1), 15–22. https://new.jurnal.untad.ac.id/index.php/renstra
Sudaryono. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method (2nd ed.). PT Rajagrafindo Persada.
Suhanda, R. D. P., & Pratami, D. (2021). RACI Matrix Design for Managing Stakeholders in Project Case Study of PT. XYZ. International Journal of Innovation in Enterprise Sys-tem, 5(2), 122–133. https://ijies.sie.telkomuniversity.ac.id/index.php/IJIES/index
Syaharani, M. (2023, February 21). Jumlah Kecelakaan Kerja Indonesia dalam 8 Tahun Ter-akhir. Goodstats.
Teguh, M., & Wijaya, A. (2020). Peranan Komunikasi ada Proses Suksesi Di Perusahaan Keluarga Studi Pada PT. Catur Putra Harmonis. Communiverse, 5(2), 81–94.
Umaroh, S. (2020). INFERIORITAS DAN SUPERIORITAS TOKOH AINI DALAM NOVEL ORANG-ORANG BIASA KARYA ANDREA HIRATA (KAJIAN PSIKOLOGI INDIVIDUAL ADLERIAN). BAPALA., 10(1), 1–11.
Wardhani, D., Handayani, F., & Fahrezi, M. S. (2022). Komunikasi Organisasi Internal kepada Pegawai Milenial untuk Membentuk Komitmen. Jurnal Ilmu Komunikasi, 20(2), 203. https://doi.org/10.31315/jik.v20i2.4995
Yolanda, V., & Paramita, S. (2024). Gaya Komunikasi Lintas Generasi Pemimpin Kepada Karyawan Senior. Kiwari , 3(1), 167–171.