Pengaruh Ukuran Perusahaan, Nilai Tukar Rupiah Dan Biaya Freight Terhadap Rasio Ekspor Pada Perusahaan Sektor Industri Manufaktur Jawa Timur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Authors

  • Moh Aris Program Studi Magister Manajemen STIE Mahardhika Surabaya
  • Nanik Kustiningsih

Keywords:

Ukuran Perusahaan, Biaya Freight, Nilai tukar rupiah, Ekspor

Abstract

Studi ini merupakan upaya untuk mengidentifikasi serta melakukan analisis dampak atau pengaruh parsial dan simultan dari Ukuran Perusahaan, Nilai Tukar Rupiah dan Biaya Freight pada Rasio Ekspor Perusahan Sektor Industri Manufaktur Jawa Timur yang Listing di BEI periode 2018 sampai 2022. Pada studi ini, rasio ekspor adalah variabel dependen dan variabel indepennya berupa ukuran perusahaan, nilai tukar rupiah, beserta biaya freight. Pengujian berupa analisis linear berganda dipergunakan sebagai upaya untuk mengidentifikasi hubungan variabel bebas dan terikat yang diawali dengan pengujian asumsi klasik. Studi dokumentasi digunakan sebagai teknik pengumpulan data. Partisipan dalam studi ini berfokus pada entitas industri yang berbasis di Jawa Timur yang listing di BEI. Dua belas perusahaan dipilih berdasarkan ketentuan peneliti dengan pengaplikasian teknik purposive sampling, sebanyak 12 entitas bisnis dipilih menjadi sampel. Strategi analisis data yang diaplikasikan berupa analisis jalur (path analysis) dengan memamnfaatkan SPSS 26. Temuan yang diperoleh memperlihatkan jika keseluruhan variabel independen terbukti memengaruhi Rasio Ekspor secara simultan dengan nilai koefisien determinasi (R2) 0,166 atau 16,6%. Kemudian untuk pengaruh parsial, Ukuran Perusahaan terbukti memengaruhi Rasio Ekspor dengan pengaruh positif dan signifikan, Nilai Tukar Rupiah terbukti memengaruhi Rasio Ekspor dengan pengaruh negatif, Biaya Freight terbukti tidak memengaruhi Rasio Ekspor.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-07-31

How to Cite

Aris, M. and Kustiningsih, N. . (2023) “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Nilai Tukar Rupiah Dan Biaya Freight Terhadap Rasio Ekspor Pada Perusahaan Sektor Industri Manufaktur Jawa Timur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia”, Tekmapro, 18(2), pp. 35–46. Available at: https://tekmapro.upnjatim.ac.id/index.php/tekmapro/article/view/336 (Accessed: 21May2024).

Issue

Section

Articles