PENGUJIAN USABILITY ANTAR GENDER PADA MOBILE WEBSITE MARKETPLACE MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE

Authors

  • Nurul Ilmi
  • Riski Arifin

DOI:

https://doi.org/10.33005/tekmapro.v18i1.329

Abstract

Salah satu kemajuan yang dirasakan pada era globalisasi adalah timbulnya mobile website marketplace yang digunakan oleh konsumen untuk memudahkan dalam berbelanja. Banyak website martketplace yang bersaing untuk mendapatkan perhatian dari konsumen. Marketplace yang muncul semakin massif saat ini tidak jarang membuat para konsumen bingung dalam memilih mobile website marketplace yang akan digunakan. Disamping itu masih terdapat beberapa error yang timbul disebabkan oleh konsumen tidak mengerti atau kurang familiar dengan penggunaan menu atau ikon yang muncul di aplikasi mobile website. Salah satu upaya untuk mengukur kemudahan mobile website marketplace adalah dengan menentukan skala usabilitas. System usability scale merupakan alat ukur yang ringkas untuk mengukur persepsi subjektif pengguna terhadap usability suatu sistem. Penelitian ini bertujuan melakukan pengujian pada salah satu mobile website marketplace dengan menggunakan 120 responden sebagai sampel pengujiannya. Hasil penelitian diketahui bahwa aplikasi mobile website marketplace memiliki nilai usability scale 76.25 satuan yang artinya bahwa para konsumen merasakan kemudahaan dalam menggunakan mobile website marketplace dan tidak mengalami permasalahan dalam menggunakannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-26

How to Cite

Nurul Ilmi and Riski Arifin (2023) “PENGUJIAN USABILITY ANTAR GENDER PADA MOBILE WEBSITE MARKETPLACE MENGGUNAKAN SYSTEM USABILITY SCALE”, Tekmapro, 18(1), pp. 61–72. doi: 10.33005/tekmapro.v18i1.329.

Issue

Section

Articles