PENERAPAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT DALAM PENGUKURAN KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI CUSTOMER MARKETING
DOI:
https://doi.org/10.33005/tekmapro.v17i2.298Abstract
Pemanfaatan sistem informasi dalam suatu perusahaan menjadi sangat penting karena dapat membantu dalam memberikan informasi dan keputusan yang akan dibuat sehingga dengan dapat memberikan dampak positif bagi aktivitas perusahaan. Keberadaan perusahaan bidang pembiayaan konsumen berperan penting bagi dunia usaha khususnya usaha jasa transportasi karena akan mempermudah konsumen dalam mengajukan permohonan pembiayaan untuk dapat memiliki alat transportasinya. Saat ini perusahaan menerapkan suatu aplikasi Sistem Informasi Customer Marketing untuk meningkatkan layanan kepada konsumen. Dengan sistem informasi ini akan membantu pihak perusahaan dalam pengambilan sebuah keputusan. Dalam rangka untuk mengukur dan mengevaluasi layanan yang ada pada perusahaan khususnya layanan dari sistem informasi yang dimilikinya, maka perlu dilakukan suatu pengukuran kualitas layanan dari sistem informasi yang digunakan saat ini. Penggunaan metode Quality Function Deployment dalam mengukur kualitas layanan sistem informasi ini dilakukan agar pihak perusahaan mengetahui kekurangan dan kelebihan dari sistem informasi Customer Marketing yang digunakan sehingga dengan pengukuran kualitas sistem informasi ini dapat dilakukan pembenahan dan perbaikan terhadap sistem informasi perusahaan. Penelitian ini dilakukan terhadap pengguna dari layanan Sistem Informasi Customer Marketing PT. Armada Finance yang berjumlah 5 orang, yaitu karyawan bagian Loan admin., Teller, Cashier, Customer Service, dan A/R control serta melibatkan pakar dari Sistem Informasi Customer Marketing berjumlah 2 orang yaitu Branch Manager yang merangkap sebagai Credit Investigations and Marketing Head dan Operation and Marketing Head.