ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS PAGAR DI UD. MOELJAYA MENGGUNAKAN METODE FMEA (FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS)
DOI:
https://doi.org/10.33005/tekmapro.v17i2.302Abstract
Perkembangan industri sangat cepat, sehingga sangat penting bagi perusahaan untuk menyediakan produk yang berkualitas dan sesuai dengan kegunaannya. Jika kualitas produk baik dan harganya sesuai dengan pasar, maka konsumen akan tertarik dengan produk tersebut dan produk tersebut dapat bersaing di pasar. seperti pemenuhan kebutuhan konsumen baik berupa barang maupun jasa. Dalam proses produksi oleh perusahaan UD. Moeljaya selama ini tidak melakukan quality control secara berkala, sehingga permasalahan yang selalu dihadapi perusahaan adalah banyaknya barang cacat. Dalam permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan UD. Moeljaya maka dilakukan penelitian terhadap barang cacat yang sering dialami oleh UD. Moeljaya serta memberikan perbaikan untuk proses produksi yang menimbulkan berkurangnya kualitas produk. Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah data kualitatif contohnya data mengenai sejarah perusahaan, dan data kuantitatif termasuk data tentang angka. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di UD. Moeljaya untuk mengetahui proses produksi yang mengalami penurunan kualitas dengan menggunakan metode FMEA Langkah-langkah yang dilakukan adalah mencari sumber penyebab penurunan kualitas, menghitung seberapa tinggi penyebab penurunan kualitas yang perlu ditinjau dan diperbaiki. Penyebab seringnya kegagalan pada proses pengelasan antara lain waktu pengelasan yang lebih sedikit antar lapisan ke lapisan berikutnya, dengan Nilai RPN 336. Penyebab seringnya kegagalan pada proses bentuk asimetris antara lain penempatan pelat yang tidak tepat, dengan nilai RPN 245. Penyebab seringnya kegagalan dalam proses pengecatan pada teknik flash off yang tidak mencukupi dari lapisan- lapisan selanjutnya, dengan nilai RPN 280